Macapat Kinanti, memahami Tuntunan Hidup

Nah, itulah materi mengenai contoh tembang macapat kinanthi. Semoga artikel di sini. bisa menambah wawasan anda dan semoga kita dapat menjaga budaya dan warisan dari nenek moyang kita.

Untungnya cita-cita kedua orangtua Hanung terwujud, hingga seorang Hanung diberkati melalui karya-karyanya. Sekarang jangan pikirkan apa saja karya Hanung tapi simaklah namanya atas Hanung, mengutamakan renungan hidup. Pasti bahagia kedua orangtua Hanung Bramantyo karena putra mereka menerima anugerah sebagai seorang sutradara muda terbagus. Kini dia memanggul yang namanya ‘Durma’, berkarya sambil menyingkirkan ‘molimo’ yen biso. Tembang Kinanthi merupakan lagu yang menggambarkan pembentukan jati diri dan mencari bekal ilmu baik secara official maupun non formal.

Kutipan tembang kinanthi di atas memberi petunjuk artiese penting prihatin. Kewaspadaan hati dan ketajaman pikir diterapkan dengan pengendalian diri, agar hidupnya selamat. Untuk membuat jenis tembang macapat yg satu ini perlu diperhatikan aturannya yaitu 8u ~ 8i – 8a – 8i – 8a – 8i.

Jika ada kesalahan pada artikel ini mohon tuk dimaafkan dan dimaklumi. Masing – masing ketentuan pada karakteristik di tembang macapat ini digunakan dalam membuat lirik tembang macapat.

Berbagai contoh tembang kinanthi dengan beragam tema seperti tema Agama, Pendidikan lalu Kehidupan juga tertulis pada artikel ini berikut melalui ulasannya. Filosofi dari lagu macapat ini merupakan gambaran manusia dalam masa remaja yang sedang mengalami pasta pubertas, sehingga perlu untuk dibimbing, di beri tuntunan dan diberi arahan di dalam proses belajar. Penciptaan tembang macapat kinanthi ditunjukkan untuk anak remaja yang akan menuju ke dewasa sehingga watak tembang macapat ini juga menyesuaikan agar bisa mudah untuk diterima. Sebab tubuh jasmani orang, raga manusia ini akan hancur, jadi dengan ilmu ini manusia akan meninggalkan sesuatu nan abadi misalnya tubuh rohani yang gak pernah disadari. Kau dan aku sering sibuk dengan makan dan minum semata, tanpa memberi kesempatan untuk hnenging pikir, hninging swasono, hnunging roso, lan hnanging kahuripan.

Oleh karena itu, dalam tembang macapat, terkadang tidak ada lirik lagu yang tunggal atau baku sehingga setiap jenis ataupun judulnya dapat saja bertentangan. Setiap orang boleh tertentu membuat sendiri lirik lagu dalam tembang macapat terkait, selama lirik tersebut memenuhi kaidah atau ketentuan dari tembang macapat yang wujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *